Halaman Pertama Internet
Category

Halaman Pertama Internet Berusia 25 Tahun

Halaman Pertama Internet Berusia 25 Tahun – Tahukah Anda bahwa ternyata halaman pertama internet sudah tua lho! Internet sekarang sudah berusia lebih dari 25 tahun – tetapi telah berusia sangat baik sehingga sebenarnya terlihat lebih baik daripada bertahun-tahun yang lalu.

Baca Juga: Siapa yang Menciptakan Internet

Selama akhir pekan, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) merayakan peluncuran situs web pertama di dunia, yang online pada 20 Desember 1990.

Baca Juga: Bagaimana Internet Telah Mengubah Kehidupan Sehari-hari

Ilmuwan dan pakar teknologi Inggris Sir Tim Berners-Lee meluncurkan situs webnya di komputer NeXT-nya, meletakkan dasar bagi masyarakat yang terhubung pada abad ke-21.

Baca Juga: 10 Website Paling Populer di Tahun 2019

Halaman ini sedikit lebih dari sebuah dokumen yang berisi informasi tentang perangkat lunak yang mendukung web, tetapi disusun dalam bentuk yang mungkin langsung akrab bagi banyak orang.

Baca Juga: 8 Jenis Website untuk Berbagai Kegunaan

Dia pertama kali menyusun gagasan itu pada tahun 1989, tetapi mewujudkannya pada tahun berikutnya. Jenius yang murah hati ini dengan cepat menempatkan perangkat lunak World Wide Web ke dalam domain publik, yang berarti itu tidak dapat dimiliki oleh satu perusahaan.

Baca Juga: Reuter untuk Memonitor Kegiatan Internet

“Web awalnya dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan lembaga di seluruh dunia,” tulis CERN.

Baca Juga: Bagaimana Tampilan Website Pertama di Dunia

Setelah awal yang optimis ini, internet telah menghancurkan sejumlah industri yang dulunya luar biasa, sementara memungkinkan para teroris untuk menyebarkan pesan mereka ke seluruh dunia.

Baca Juga: Kelebihan Internet yang Perlu Anda Ketahui

Ini juga memungkinkan para penjahat dunia maya untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar tanpa meninggalkan kamar mereka dan membuka neraka di mana pornografi anak diperdagangkan dalam kerahasiaan total.

Baca Juga: 12 Website Era 80 dan 90 yang Online Hingga Sekarang

Tetapi Sir Berners-Lee masih percaya bahwa penemuannya dapat digunakan untuk kebaikan umat manusia dan telah berkomitmen untuk melindungi keterbukaan internet, memerangi sensor pemerintah dan berkampanye melawan pengawasan.